TUGAS KELOMPOK
STRATEGI PEMBELAJARAN
OBSERVASI LAPANGAN
OLEH
NPM 09340771
KELAS : A
SEMESTER : IV
PRODI :
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpakan rahmat, taufik dan
hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan observasi ini dengan
baik.observasi yang berjudul : “Observasi Lapangan”
observasi ini dapat
diselesaikan berkat kerjasama dan dorongan serta perhatian dari berbagai pihak,
untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
- Prof.Dr.H.Karwono,M.Pd, yang telah membimbing, mengarahkan penulisan observasi ini.
- Bapak dan Ibu Dosen yang telah memberikan arahan dan bantuan dalam kegiatan ini.
- Pihak SMK 3 Terbanggi Besar yang telah berkenan atas izin yang diberikan pada kami dalam menyelesaikan tugas observasi.
- Rekan-rekan yang telah berpartisipasi dan memotivasi dalam penulisan observasi ini.
Semoga bantuan, doa dan
kebaikan Bapak/Ibu serta rekan-rekan mendapat imbalan dari Allah SWT. Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan
saran yang membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan observasi ini. Akhirnya
penulis berharap agar observasi ini dapat bermanfaat khususnya dalam dunia
pendidikan,Terima kasih .
Metro, 15 Juni 2011
Penulis
SIASAT PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK 3 TERBANGGI BESAR
Guru :
Alfian Widjatmoko, S.Pd.
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas :
X C/ SEMESTER 2
Alokasi Waktu : 09.30-12.00
No
|
Tahap pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode
|
Media
|
Sumber belajar
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pra pembelajaran
|
Siswa memberi salam ,kemudian membaca doa
dan guru menanyakan kabar siswa
|
-
|
-
|
-
|
2x45
|
|
a. motivasi
|
Guru memberikan masukan kepada peserta
didik.dan guru memberikan short story sebagai motivasi untuk mengawali
pembelajaran hari ini serta menyampaikan tujuan materi yang akan dipelajari.
|
Ceramah
|
Verbal
|
-
|
2x45
|
|
b. tujuan
|
Setelah diberikan motivasi dan tujuan
pembelajaran siswa SMK 3 Terbanggi Besar diharapkan dapat mengikuti
pembelajaran dengan baik.
|
Ceramah
|
Verbal
|
-
|
2x45
|
|
c. tingkah laku masukan
|
Setelah ibu memberikan motivasi peserta
didik bertanya apa saja materi yang akan di persiapkan untuk pembelajaran hari ini
|
Ceramah
|
Verbal
|
-
|
2x45
|
2
|
Penyajian informasi
|
Bapak memberikan contoh gambar dan
meminta siswa mendeskripsikan gambar dengan menggunakan pernyataan there
is/are. Salah satu siswa maju ke depan kelas dan mendeskripsikan gambar
dengan baik dan lancer.
|
demonstrasi
|
Verbal
|
Gambar (picture 1)
|
2x45
|
|
a. pengurutan
|
Pembelajaran di berikan dengan membahas gambar-gambar
dengan situasi berbeda kemudian siswa diminta untuk berbicara di depan kelas
untuk mendeskripsikan gambar tersebut.
|
demonstrasi
|
Verbal
|
Gambar (picture 2, picture 3 and picture
4)
|
2x45
|
|
b. besarnya satuan pembelajaran
|
Pembelajaran mencakup materi tentang
berbicara (speaking)
|
-
|
Verbal
|
Buku paket
|
2x45
|
|
c. penyajian isi
|
Materi bahasa inggris kalimat pernyataan there
is/are.
|
-
|
-
|
Buku paket
|
2x45
|
|
d. contoh
|
Gambar guru sedang mengajar di kelas.
|
Ceramah dan tanya jawab.
|
-
|
Buku paket
|
2x45
|
3
|
Peran serta peserta didik
|
Peserta didik dharapkan mampu melakukan
menguasai meteri yang diajarkan oleh Bapak Alfian Widjatmoko, S.Pd..
|
-
|
-
|
-
|
2x45
|
|
a. latihan
|
Menjawab soal-soal yang terdapat pada
gambar yang di berikan oleh ibu nurul.
|
Tanya jawab
|
-
|
Buku paket
|
2x45
|
|
b. balikan
|
Mengamati hasil proses belajar peserta
didik.
|
-
|
-
|
-
|
2x45
|
4
|
Pengetesan
|
Melakukan pengujian terhadap aktifitas
belajar peserta didik.
|
demontrasi
|
-
|
Buku paket
|
2x45
|
|
a. tingkah laku masukan
|
Untuk mengetahui tujuan pembelajaran
apakah sudah tercapai.
|
ceramah
|
-
|
-
|
2x45
|
|
b. pra tes
|
Bapak Alfian Widjatmoko, S.Pd. memotivasi
agar siswa mampu menguasai materi yang
diberikan.
|
demontrasi
|
-
|
-
|
2x45
|
|
c. tes sambil jalan
|
Mengetahui pemahaman peserta didik
terhadap materi ajar.
|
demontrasi
|
-
|
Buku paket
|
2x45
|
|
d. pasca tes
|
Keberhasialan peserta didik terhadap
tujuan yang hendak dicapai.
|
-
|
-
|
-
|
2x45
|
5
|
Kegiatan tindak ikutan
|
Peserta didik melakukan pembelajaran
dengan mengerjakan soal-soal yang ada di buku paket.
|
demontrasi
|
-
|
-
|
2x45
|
|
a.remediasi
|
Setelah peserta didik mengerjakan
latihan, apabila ada yang mendapatkan nilai kurang memuaskan diharaphan
mengulang sehingga peserta didik tersebut paham dengan materi yang diajarkan.
|
terbimbing
|
verbal
|
Buku
paket
|
2x45
|
|
b.pengayaan
|
Peserta didik di tuntut mampu mengrjakan
soal yang terdapat pada buku paket.
|
demontrasi
|
-
|
Buku paket
|
2x45
|
A. Komentar
Dari
observasi yang kami lakukan di SMK
3 TERBANGGI BESAR dengan mata pelajaran bahasa
inggris yaitu bahwasanya dalam menyampaikan materi / pelajaran sudah baik
karena Bapak Alfian Widjatmoko, S.Pd. banyak memberikan stimulus-stimulus yaitu
berupa gambar yang menggugah siswa untuk bergairah dan aktif dalam proses
pembelajaran. Hampir keseluruhan siswa-siswanya dapat memahami pelajaran yang
disampaikan oleh guru. Bahkan Bapak
Alfian Widjatmoko, S.Pd. mampu menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan oleh
beberapa siswa yang belum paham tentang materi, sehingga siswa-siswa tersebut
yang belum memahami isi materi setelah mendapat arahan jawaban dari Beliau mereka
mampu menerapkannya seperti siswa yang lebih dulu menguasai materi. Bahasa yang
di gunakan pun, tidak hanya menggunan bahasa Indonesia saja mereka menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Secara keseluruhan strategi pembelajran
yang digunakan sudah baik.
B.Kesimpulan
Dalam
pembelajaran yang dilakukan oleh strategi yang dugunakan adalah strategi
pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS), karena dalam pembelajaran
yang dilakukan oleh siswa lah yang lebih
aktif. Terbukti ketika siswa diberikan
materi pembuka responnya sangat bagus sekali, mereka aktif bertanya apa yang
tidak mereka ketahui lalu ada juga yang memberikan sanggahan tentang apa yang
diketahui. Di dalam proses pembelajaran yang telah
di lakukan oleh terlihat jelas keaktifan siswa , ini menunjukan di dalam
strategi pembelajaran berorientasi
aktivitas siswa guru tidak hanya berperan sebagai satu-satunya sumber belajar
yang bertugas menuangkan materi pelajaran kepada siswa akan tetapi yang lebih
penting adalah bagaimana memfasilitasi agar siswa
belajar/
mementingkan proses belajarnya seperti yang dicontohkan dalam pembelajaran
Bapak Alfian Widjatmoko, S.Pd. yang menggunakan gambar-gambar yang menarik.
Walaupun dalam strategi pembelajaran aktivitas siawa (PBAS) di perlukan guru
yang benar-benar memiliki kemampuan / kompetensi dan sifat yang professional
untuk menjadikan guru sebagai fasiltator , tetapi tidak sepenuhnya. Strategi
pembelajaran aktivitas siswa lebih menekankan proses pembelajarannya dari pada
hasil belajarnya.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah : SMK 3 TERBANGGI BESAR
Kelas/Semester : X/2
Program Keahlian : Bisnis dan Management
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Pertemuan ke : 1
2. Standar Kompetensi
Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara Level Novice
3. Kompetensi Dasar
Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang
sedang terjadi
4. Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1 Pernyataan
dengan menggunakan “there is/ are” diuraikan dengan cara membaca dengan tepat
sesuai dengan waktu dan tempat kejadian.
4.2 Pernyataan
dengan menggunakan “there is/ are” diuraikan dengan cara berbicara dengan tepat
sesuai dengan waktu dan tempat kejadian
5. Tujuan Pembelajaran
5.1 Siswa akan dapat menguraikan pernyataan
dengan menggunakan “there, is/ are”
dengan car membaca jika diberi contoh dan gambar dengan tepat sesuai
dengan waktu dan tempat kejadian
5.2 Siswa akan dapat menguraikan pernyataan
dengan menggunakan “there, is/ are”
dengan cara berbicara jika diberi contoh dan gambar dengan tepat sesuai
dengan waktu dan tempat kejadian
6. Materi Ajar
Sentences using ‘there, be’
v There is a book on the table
v There are many students in the class
|
Preposition :
in,on,at......etc
7. Alokasi Waktu
2x45 menit
8. Metode Pembelajaran
Ceramah,diskusi, tanya jawab, reading aloud
9. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
Doa
Penyampaian Kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
1. Guru
menunjukan sebuah gambar lalu mendeskripsikannya dengan menggunakan
pernyataan there is/ are.
2.Guru
memberikan pertanyaan berdasarkan gambar, dan siswa d minta menjawab
pertanyaan secara bersama-sama
3. Guru mrmberikan penjelasan cara
menyatakan pernyataan dengan menggunakan there are/ is.
4.Guru meminta setiap siwa untuk membuat
kalimat dengan menggunakan there is/ are, dan menunjuk siswa secara random
untuk membacakan kalimatnya
5.Guru
memberikan sebuah gambar dan meminta siswa mendeskripsikan gambar tersebut
6.Guru
menunjuk siswa secara acak untuk membacakan hasil deskripsinya
|
10 menit
5 menit
15 menit
15 menit
15 menit
10 menit
|
3.
|
Penutup
Evaluasi
Menyimpulkan
materi hasil pembelajaran
|
15 menit
|
10.
Penilaian
v
Describe two
pictures below with your own words!
Picture 1 Picture
2
Possible Answer:
Picture 1
·
There are many students in that class.
There are 6 boy students and 3 girl students there. There is a teacher standing
in front of the students. He wears glasses. There is a table and a chair in the
corner. There is a flower vas on the table. There is a book on the table. There
is one student who wears a hat.
Picture 2
·
There are 5 people in the room. There
are two girl students and three boy students there. There is a white board
there.
·
Kriteria penilaian
:
Element
|
Score
|
Manner
|
25
|
Fluently
|
25
|
Intonation
|
25
|
Performance
|
25
|
11. Sumber Belajar
11.1
2010..Get Along with English for
Vacational School Grade x.Erlangga.Ciracas, Jakarta
11.2
2010.Joko,Mahmud.Modul Bahasa Inggris.CV
SETI-AJI.Centani,Sukoharjo
11.3
picture
0 Comments:
Post a Comment