RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
1.
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : MAN 2 METRO
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Program : IPA
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
2.
STANDAR KOMPETENSI
6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk report, narrative,dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.
KOMPETENSI DASAR
6.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
·
Menggunakan tata bahasa,
kosakata, tanda baca dan tata tulis dengan akurat
·
Menulis gagasan utama
·
Membuat draft, merevisi,
menyunting
·
Menghasilkan teks fungsional
pendek berupa narrative text
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,
bersahabat, peduli sosial, tanggung
jawab, mandiri
|
§
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
|
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Diakhir pembelajaran siswa dapat:
·
Menggunakan tata bahasa,
kosakata, tanda baca dan tata tulis dengan akurat.
·
Menulis gagasan utama.
·
Membuat draft, merevisi,
menyunting.
·
Menghasilkan teks fungsional
pendek berupa narrative text.
6.
MATERI AJAR
Ø Narrative Text
7.
ALOKASI WAKTU
·
2 x 45 Menit
8.
METODE PEMBELAJARAN
·
Scaffolding
9.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Bertanya jawab tentang pertanyaan teks fungsional
pendek
·
Membahas unsur dan langkah
retorika dalam pertanyaan teks fungsional pendek.
·
Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
·
Membacakan cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
·
Menceritakan kembali cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
·
Membahas kesulitan yang
dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
·
Dengan kelompok belajarnya,
siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap
kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan
yang dihadapi.
·
Bertanya jawab tentang isi teks fungsional pendek (karakter,
setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok
belajarnya
·
Membahas unsur dan langkah
retorika dalam teks fungsional pendek
·
Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
·
Membacakan cerita kepada
kelompok (monolog).
·
Menceritakan kembali cerita
kepada kelompok (monolog).
|
·
Siswa melakukan berbagai
kegiatan terkait dengan wacana fungsional pendek di luar tugas tatap muka dan
terstruktur yang diberikan guru.
·
Siswa mengumpulkan setiap
hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh
serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
B. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN BELAJAR
|
WAKTU (menit)
|
1.
|
Pendahuluan
· Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai
yang ditanamkan: santun, peduli, religius)
·
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin,
jujur)
· Motivasi dengan mengarahkan siswa pada
situasi pembelajaran.(nilai yang
ditanamkan : rasa ingin tahu)
·
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter. (nilai karakter yang
ditanamkan: disiplin)
· Dengan merujuk pada silabus,
RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD( nilai karakter yang ditanamkan: disiplin)
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Memberikan stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks fungsional
pendek(nilai karakter yang
ditanamkan: rasa ingin tahu)
· Memberikan bimbingan dan memberikan draft teks
tulis kepada siswa. ( nilai karakter yang ditanamkan: rasa ingin tahu)
· Siswa menulis draft dengan melakukan chain writing. ( nilai karakter yang ditanamkan: demokratif)
· Siswa melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft.( nilai karakter yang ditanamkan bersahabat,
peduli sosial).
· Siswa melakukan revisi hasil dari koreksi teman
sejawat. ( nilai yang ditanamkan: mandiri)
· Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.(nilai karakter yang ditanamkan: tanggung jawab)
Elaborasi
·
Membiasakan siswa teks tulis fungsional pendek berupa narrative dengan bahasa tulis dan melakukan teks tulis.( nilai karakter yang ditanamkan: rasa
ingin tahu)
·
Memfasilitasi siswa melalui
pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa
Inggris untuk dikerjakan secara individual.( nilai karakter yang ditanamkan:tanggung
jawab)
Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk
lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.( nilai karakter yang
ditanamkan: peduli)
·
Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh
siswa melalui sumber buku lain.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang sudah dilakukan.( nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, rasa
ingin tahu)
· Memberikan motivasi kepada siswa
yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi narrative dengan bahasa tulis dan melakukan teks tulis.( nilai yang ditanamkan: rasa ingin tahu)
|
65 menit
|
3.
|
Penutup
·
Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks tulis fungsional pendek berupa narrative dengan bahasa tulis dan melakukan teks tulis.9 nilai yang ditanamkan: demokratif)
·
Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.(nilai karakter yang ditanamkan: bersahabat, peduli sosial)
· Siswa diberikan pekerjaan rumah
(PR) berkaitan dengan materi teks tulis fungsional pendek berupa narrative. ( nilai karakter yang ditanamkan: tanggung
jawab)
|
10
Menit
|
11
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Kisi-kisi Penilaian Psikomotor
Jenis Sekolah : MAN 2 Metro Alokasi Waktu: 35 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Jumlah Soal : 1
Kurikulum : KTSP Penulis : Eko Mulyono
No.
|
Kompetensi
Dasar/Indikator
|
Kelas/
smtr
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Tes
|
No.
Soal
|
1.
|
8.1 Merespon makna dalam teks fungsional resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks
kehidupan sehari-hari.
· Menggunakan tata bahasa, kosakata, tanda baca dan tata tulis
dengan akurat
· Menulis gagasan utama
· Membuat draft, merevisi, menyunting
· Menghasilkan teks fungsional pendek.
-
|
XI IPA/1
|
Teks fungsional pendek berupa narrative
|
Siswa dapat
Menghasilkan text fungsional
pendek berupa narrative
|
Tes tertulis
|
1
|
Pedoman Pensekoran
Jenis Sekolah : MAN 2 Metro Penulis
: Eko Mulyono
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Tahun Pelajaran : 2012/2013
Bahan Kelas : XI / 1 Bentuk
Tes
: Tertulis
Soal
:
Make text narrative
Rubrik Penilaian Writing
Name
|
Aspect
|
|||
Sistematic
20
|
Correlation
20
|
Grammatical
30
|
Diction
30
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Karakter
No.
|
Nilai Karakter
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
1. Religius
|
|
|
2
|
2. Jujur
|
|
|
3
|
Toleransi
|
|
|
4
|
3. Kerja keras
|
|
|
5
|
4. Disiplin
|
|
|
6
|
5. Mandiri
|
|
|
7
|
6. Demokratis
|
|
|
8
|
7. Rasa ingin tahu
|
|
|
9
|
8. Menghargai prestasi
|
|
|
10
|
9. Bersahabat
|
|
|
11
|
10. Peduli sosial
|
|
|
12
|
11. Tanggung jawab
|
|
|
|
11
SUMBER BELAJAR
·
Bahasa
Inggris 2
·
LCD
Mengetahui
Metro,
Juli 2012
Guru Bahasa Inggris Guru PPL-T
Muhammad Januar EKO MULYONO
NIP. NPM.
09340771
0 Comments:
Post a Comment