Minggu, 13 Januari 2013

RPP kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.      IDENTITAS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah             : MAN 2 METRO
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Program                       : IPA
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 2 x 45 Menit

2.        STANDAR KOMPETENSI
6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk report, narrative,dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

3.        KOMPETENSI DASAR
6.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks  kehidupan sehari-hari.

4.        INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Menggunakan tata bahasa, kosakata, tanda baca dan tata tulis dengan akurat
·         Menulis gagasan utama
·         Membuat draft, merevisi, menyunting
·         Menghasilkan teks fungsional pendek berupa narrative text
Nilai Budaya Dan  Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat,  peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)



5.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Diakhir pembelajaran siswa dapat:
·         Menggunakan tata bahasa, kosakata, tanda baca dan tata tulis dengan akurat.
·         Menulis gagasan utama.
·         Membuat draft, merevisi, menyunting.
·         Menghasilkan teks fungsional pendek berupa narrative text.

6.        MATERI AJAR
Ø  Narrative Text

7.        ALOKASI WAKTU
·         2 x 45 Menit
8.        METODE PEMBELAJARAN
·         Scaffolding
9.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.    Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Bertanya jawab tentang pertanyaan teks fungsional pendek
·        Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertanyaan teks fungsional pendek.
·        Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
·        Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
·        Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
·        Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

·        Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
·        Bertanya jawab tentang isi teks fungsional pendek (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
·        Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks fungsional pendek
·        Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
·        Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
·        Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).
·        Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana fungsional pendek di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
·        Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.








B.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

NO
KEGIATAN BELAJAR
WAKTU (menit)
1.
Pendahuluan
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli, religius)
·      Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin, jujur)
·      Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran.(nilai yang ditanamkan : rasa ingin tahu)
·      Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter. (nilai karakter yang ditanamkan: disiplin)
·      Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD( nilai karakter yang ditanamkan: disiplin)

15 menit
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
·      Memberikan stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks fungsional pendek(nilai karakter yang ditanamkan: rasa ingin tahu)
·      Memberikan bimbingan dan memberikan draft teks tulis kepada siswa. ( nilai karakter yang ditanamkan: rasa ingin tahu)
·      Siswa menulis draft dengan melakukan chain writing. ( nilai karakter yang ditanamkan: demokratif)
·      Siswa melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft.( nilai karakter yang ditanamkan bersahabat, peduli sosial).
·      Siswa melakukan revisi hasil dari koreksi teman sejawat. ( nilai yang ditanamkan: mandiri)
·      Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.(nilai karakter yang ditanamkan: tanggung jawab)
Elaborasi
·      Membiasakan siswa teks tulis fungsional pendek berupa narrative  dengan bahasa tulis dan melakukan  teks tulis.( nilai karakter yang ditanamkan: rasa ingin tahu)
·       Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.( nilai karakter yang ditanamkan:tanggung jawab)
Konfirmasi
·      Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.( nilai karakter yang ditanamkan: peduli)
·      Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
·      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.( nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, rasa ingin tahu)
·      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi narrative dengan bahasa tulis dan melakukan  teks tulis.( nilai yang ditanamkan: rasa ingin tahu)



65 menit
3.
Penutup
·      Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks tulis fungsional pendek berupa narrative dengan bahasa tulis dan melakukan  teks tulis.9 nilai yang ditanamkan: demokratif)
·      Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.(nilai karakter yang ditanamkan: bersahabat, peduli sosial)
·      Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks tulis fungsional pendek berupa narrative. ( nilai karakter yang ditanamkan: tanggung jawab)


10    Menit
















11    PENILAIAN HASIL BELAJAR
Kisi-kisi Penilaian Psikomotor

Jenis Sekolah         : MAN 2 Metro                                   Alokasi Waktu: 35 menit
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris                                  Jumlah Soal     : 1
Kurikulum             : KTSP                                                            Penulis             : Eko Mulyono

No.
Kompetensi Dasar/Indikator
Kelas/ smtr
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal
1.
8.1  Merespon makna dalam teks fungsional resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks  kehidupan sehari-hari.
·      Menggunakan tata bahasa, kosakata, tanda baca dan tata tulis dengan akurat
·      Menulis gagasan utama
·      Membuat draft, merevisi, menyunting
·      Menghasilkan teks fungsional pendek.
-          

XI IPA/1

Teks fungsional pendek berupa narrative

Siswa dapat

Menghasilkan text fungsional pendek berupa narrative


Tes tertulis









1










Pedoman Pensekoran
       Jenis Sekolah        : MAN 2 Metro                                   Penulis                : Eko Mulyono
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris                                  Tahun Pelajaran : 2012/2013
Bahan Kelas         : XI / 1                                                 Bentuk Tes         : Tertulis      

Soal  :
Make text narrative

Rubrik Penilaian Writing
     Name
Aspect
Sistematic
20
Correlation
20
Grammatical
30
Diction
30






Penilaian Karakter
No.
Nilai Karakter
Ada
Tidak
1
1.       Religius


2
2.       Jujur


3
     Toleransi


4
3.       Kerja keras


5
4.       Disiplin


6
5.       Mandiri


7
6.       Demokratis


8
7.       Rasa ingin tahu


9
8.       Menghargai prestasi


10
9.       Bersahabat


11
10.    Peduli sosial


12
11.    Tanggung jawab





11     SUMBER BELAJAR

·      Bahasa Inggris 2
·      LCD
          
            Mengetahui                                                                              Metro,      Juli 2012
            Guru Bahasa Inggris                                                                Guru PPL-T


Muhammad Januar                                                              EKO MULYONO
            NIP.                                                                                        NPM. 09340771
                                                           
                                                           

0 Comments: